Ketika masalah berujung pada Bisnis

Assalamualaikum wr wb



Sebuah bisnis yang sukses tidak selalu dirintis oleh seseorang yang mempelajari tentang teori bisnis meskipun ia mempelajari nya dalam waktu bertahun-tahun
Banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan sebuah bisnis di luar daripada teori tentang bisnis itu sendiri.

Seseorang yang pada awalnya tidak tertarik dengan dunia bisnis terkadang secara tidak sengaja justru mendapatkan lahan bisnis baru ketika ia menemukan sebuah masalah dan merasakan bahwa masalah itu harus secepatnya dipecahkan.

Mantan CEO PT GOJEK, Nadiem Makarim, mendapatkan ide membuat jasa layanan Ojek Online, terinspirasi dari ketika ia melihat banyak ojek pangkalan yang sepi dari penumpang sedangkan banyak penumpang yang membutuhkan jasa ojek tapi malas untuk datang ke pangkalan ojek.
Dari sumber permasalahan itu ia akhirnya membuat sebuah aplikasi yang memungkinkan mempertemukan kedua pihak baik penumpang maupun pengendara ojek bisa saling terhubung dan bisa saling mendapatkan manfaat.

Itu adalah sebuah contoh dimana sebuah bisnis yang sukses bisa saja pada awalnya digali dari sebuah permasalahan yang belum ada solusinya saat itu.

Pada era digital, banyak bisnis yang berbasis pada teknologi Digital.
Prinsip dasar apabila hendak melakukan sebuah wirausaha yang berbasis digital yaitu sebagai berikut:
1. Minat
2. Visi dan misi jangka panjang
3. Kepemimpinan



Beberapa hal yang harus diperhatikan bila mau membangun bisnis

1.IDE BISNIS
Mempersiapkan profil bisnis Anda amatlah penting untuk dapat
memastikan bisnis Anda dapat berjalan, menghasilkan keuntungan,
dan dapat bertahan lama. Satu hal yang dapat Anda lakukan adalah
dengan mulai mengembangkan kanvas model bisnis. Model ini dapat
Anda pelajari dengan lebih lanjut di Bab ini.
2. ORGANISASI
Bisnis merupakan kerja tim. Sehingga, penting bagi Anda untuk
memahami sebuah struktur organisasi startup yang ideal.
3. STRATEGI PENCARIAN MODAL
Seperti yang sempat dijelaskan secara singkat sebelumnya,
salah satu karakteristik dari bisnis startup di era digital ini, terutama
yang membedakannya dengan bisnis biasa, adalah kehadiran
investasi dari berbagai penanam modal. Sebuah startup yang sukses
pada awalnya juga mampu untuk menarik perhatian dan
meyakinkan berbagai penanam modal untuk ikut mendanai bisnis
mereka. Pemahaman terhadap kemampuan ini akan menjadi modal
penting dalam pelaksanaan dan keberlanjutan bisnis Anda.
4. STRATEGI PEMASARAN
Memasarkan produk Anda merupakan tujuan utama yang harus
senantiasa Anda tekankan dalam diri, sebagai bagian penting dari
membangun sebuah bisnis. Pemahaman tentang strategi-strategi pemasaran, terutama strategi praktis di era digital ini, penting untuk
dijadikan bekal dalam membangun startup Anda.
5. KEBERLANJUTAN BISNIS
Hal ini merupakan poin terakhir yang dapat dikatakan paling
sulit untuk benar-benar dicapai oleh sebuah startup. Dapat
mempertahankan model dan pelaksanaan bisnis menjadi tantangan
utama para pegiat startup masa kini. Sehingga, menjadi sangat
penting bagi Anda untuk memahami konteks ini agar bisnis yang
Anda mulai dapat terus menghasilkan profit dalam jangka panjang.


Semoga bermanfaat
Terimakasih

Wassalamu'alaikum wr wb


Komentar

Posting Komentar